putuyudistirap

Just another WordPress.com weblog

Twitter Adopsi Facebook Connect Untuk Fitur Terbarunya

Posted by rabot416 pada Januari 20, 2010

Twitter dan Facebook memang kompetitor kelas berat di dunia jejaring sosial. Keduanya kini memang banyak menarik minat pengguna internet di Indonesia. Dari yang muda sampai yang tua tampaknya tak mau kalah dalam hal mencoba layanan ini. Andakah salah satunya?

Kabarnya kini Twitter tengah mempersiapkan untuk merilis sebuah tools baru yang memungkinkan website pihak ketika untuk bisa dengan mudah terintegrasi dengan website Twitter dan layanan tersebut. Singkatnya, sepertinya fitur baru ini akan menjawab kepopuleran Facebook Connect yang sudah lebih dulu ada.

Facebook Connect sendiri sudah dimunculkan Facebook sejak bulan Mei 2008. Di saat yang sama, pihak Google dan MySpace juga telah mengumumkan bahwa sedang menggarap proyek sejenis pada waktu yang hampir bersamaan.

Facebook Connect sendiri akhirnya sudah mulai digunakan pada tahun 2008 itu juga. Setidaknya kini sudah ada 80.000 website yang telah terintegrasi dengan Facebook Connect dan 60 juta pengguna Facebook sudah menggunakan fitur ini. Bagi banyak website pihak ketiga tersebut, fitur ini sangat amat membantu bagi pengguna yang ingin register ataupun login di website mereka.

Facebook Connect memang sangat menarik bagi banyak situs kecil walaupun fitur ini memang sangat mudah diimplementasikan. Dengan menggunakannya, mereka dapat menciptakan beberapa widget yang membawa fitur Facebook langsung bisa dinikmati oleh website pihak ketiga dengan integrasi yang sangat mudah.

Tahun lalu, Twitter sudah meluncurkan tombol yang mana memungkinkan pengguna di website pihak ketiga untuk login di website Twitter dan mengidentifikasi diri mereka, seperti pada sistem untuk memberikan komentar.

Produk baru Twitter ini akan dapat mengotentikasi pengguna, mengambil data dan kemudian menampilkannya di Twitter. Kini sudah ada API khusus untuk fitur ini yang mana sepertinya dibuat agak menyerupai Facebook Connect.

Tampaknya antara Facebook dan Twitter sekalipun menjadi kompetitor tapi akan terus saling melengkapi dan saling sikut-sikutan untuk menjadi yang nomor satu di kelasnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: