putuyudistirap

Just another WordPress.com weblog

Vires Tenga / Win Gaelicum

Posted by rabot416 pada Januari 16, 2010

Pernah merasakan keganasan virus Tenga (Kapersky) atau Win/Gaelicum.A? Mungkin sebagian dari Anda sudah merasakanya, virus asing ini berbentuk sangat mungil sekitar 4000 Bytes, sehinga cukup sulit bagi kita sebagai orang awam dalam membedakan file executable yang benar-benar bersih dari virus Tenga dan yang sudah terinfeksi Virus Tenga. Virus ini cukup merepotkan jika system kita sudah terinfeksinya, walapun mungil tapi kelakuan virus ini tidak semungil ukuranya. Virus ini menginfeksi hampir semua file executable yang dapat dia infeksi.

Untuk itu bagi anda yang belum pernah dan tidak ingin mengalami infeksi virus Tenga ini diharap lebih waspada dan hati-hati, karena virus ini dialporkan masih menyebar di Indonesia walapun dengan intensitas cukup jarang. Beberapa waktu yang lalu, Lab CMC menerima kiriman virus ini dan hasilnya memang benar virus mungil ini bertindak kurang ajar hampir semua file executable milik target akan ia infeksi agar menjadi inang penyebaranya.

Untuk penelitian sementara? Beberapa AV asing (import) gratisan sudah mampu mendeteksi keberadaan virus ini (termasuk file yang terinfeksinya) , contohnya AVG 9.0 dan Kaspersky. Kusus untuk AVG 9.0 sudah mampu melakukan pembersihan file yang terinfeksi oleh virus ini, nama AVG 9.0 dari virus ini adalah Win32/Gaelicium.A.

Bagaimana jika anda pecinta AV local?

H’m… jika anda memang pecinta AV local, anda memang lebih harus meningkatkan kewaspadaan, karena dari hasil tes file-file yang terinfeksi sebanyak 28 file kebanyakan AV local unggulan belum mengenalinya. Sejauh pengamatan dari CMC, hanya ada 1 AV lokal yang mampu mendeteksi virus tersebut dengan heuristicnya, namun dengan akurasi 50%. Untuk itu CMC mencoba membuat detektor akurat untuk virus tersebut dengan akurasi lebih dari 90%, yang akan bisa anda rasakan di CMC release selanjutnya. Nama virus Tenga di CMC adalah Win32.Gaelicum.A yang diadopsi dari penamaan AVG 9.0

Berikut adalah hasil Tes perbandingan akurasi deteksi CMC terhadap virus Win32/Gaelicum.A dengan pembanding AVG 9.0.

Hasil scan AVG 9.0

Hasil Scan CMC Next Release

Bisa dilihat bahwa hasil scan AVG 9.0 dan CMC Next Release selalu cocok, dengan demikian CMC diharapkan memiliki kemampuan deteksi seakurat mungkin terhadap virus Win32/Gaelicium.A dan siap mencegah Infeksi nya terhadap komputer masyarakat Indonesia. Tunggu CMC Next Release dengan kecepatan dan akurasi baru……

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: