putuyudistirap

Just another WordPress.com weblog

Drupal dan Joomla Kini Terintegrasi Dengan Google Friend Connect

Posted by rabot416 pada Januari 16, 2010

Drupal-and-joomla-get-google-friend-connect-2Kompetisi antara pihak Google dan Facebook kini semakin meruncing apalagi ini dikarenakan oleh persaingan identitas online. Kedua perusahaan raksasa tersebut menawarkan aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk login ke berbagai website menggunakan akun Facebook atau Google, yang mana selama ini kita mengenalnya dengan Facebook Connect ataupun Google Friend Connect.

Nyatanya memang Facebook lebih unggul karena lebih banyak digunakan di berbagai website besar, tapi pihak Google kini melakukan pendekatan lebih terbuka. Pendekatan yang dilakukan Google adalah dengan bekerja sama dengan beberapa pengembang CMS untuk bisa mengimplementasikan fitur Friend Connect besutannya.

Maka tercetuslah nama Drupal dan Joomla yang mana juga banyak pengguna internet menggunakan CMS open source tersebut di dunia maya. Kepopuleran keduanya kini dapat diintegrasikan dengan fitur Friend Connect milik Google.

“Saya senang untuk mengumumkan bahwa fitur Google Friend Connect saat ini juga tersedia bagi CMS Drupal dan Joomla. Sekarang Friend Connect telah terintegrasi dengan platform open source CMS, pemilik situs dapat membuat pendaftaran di websitenya menjadi lebih mudah bagi pengguna lainnya. Semuanya cukup mudah dilakukan tanpa perlu pengalaman programming sama sekali untuk menggunakan plugin ini.” papar Mauro Gonzales dari Global yang ditulis di Google Social Weblog.

Kedua platform CMS ini memang implementasinya cukup lengkap sehingga dapat mengambil manfaat menyeluruh dari fitur Friend Connect seperti Polling, AdSense, Newsletter Subscriptions, Featured Content dan juga widget seperti Members, Comments, Recommendations, Activities, Reviews dan Social Bar. Admin web dapat menggunakan fitur ini seperti yang diinginkannya dan menempatkan widget ini di website menggunakan tampilan antarmuka yang terintegrasi dengan kedua platform tersebut. Selain itu dapat mengatur komentar jika ingin menambahkan fitur ini di websitenya.

Dengan adanya Friend Connect, pengguna kini akan dapat membuat account di website manapun yang menggunakan engine Drupal ataupun Joomla secara otomatis berdasarkan akun Google, Twitter, Yahoo ataupun OpenID. Integrasi Twitter juga telah ditambahkan sebulan yang lalu dan sudah terbukti cukup populer digunakan saat ini.

sumber : beritateknologi.com dengan editan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: