putuyudistirap

Just another WordPress.com weblog

NUZULUL QURAN (TELAAH HISTORIS DAN REALITAS)

Posted by rabot416 pada Januari 9, 2010

Assalammualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
MUKADDIMAH
Alquran adalah kitab suci umat Islam, sekaligus mukjizat terbesar dari banyak mukjizat yang diberikan kepada Rasulullah saw, bersama dengan sunnah/hadis keduanya merupakan kurikulum kehidupan yang ideal dalam mendapatkan kebahagian dunia dan akherat. Sebagaimana sabda Rasulullah saw yang berbunyi:
حَدَّثَنِي عَنْ مَالِكٍ أَنَّهُ بَلَغهُ أَنَّ رَسُولَ الله قَالَ: تَرَكْتُ فِيكُمْ أَمْرَيْنِ
لَنْ تَضِلُّوا مَا تمَسَّكْتُمْ بِهِمَا: كِتَابَ الله وَسُنَّةِ نَبِيِّهِ. (موطأ الإمام مالك)

Dari Malik bahwa Rasulullah saw bersabda,”Aku tinggalkan kepada kalian dua perkara, kalian tidak akan tersesat selama berpegang teguh kepada keduanya, kitab Allah (Alquran) dan Sunnahhu (Hadis). (HR Imam Malik)

DEFINISI DAN SEJARAH TURUNNYA ALQURAN
Banyak sekali definisi tentang Alquran, tetapi pendapat mayoritas Ulama bahwa Alquran adalah perkataan Allah atau kitab suci yang diturunkan kepada Muhammad saw dengan lafaz arab yang disampaikan secara mutawatir, dimulai dari surat Al Fatihah dan diakhiri dengan surat An Nas.
Mengenai turunnya Alquran ini, ada beberapa ayat yang menggambarkan proses turunnya Alquran yaitu sebagai berikut:
شَهْرُ رَمَضَانَ ٱلَّذِيۤ أُنْزِلَ فِيهِ ٱلْقُرْآنُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِّنَ ٱلْهُدَىٰ وَٱلْفُرْقَانِ (البقرة: 185)
Bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). (QS Al Baqarah: 185)
إِنَّآ أَنزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةٍ مُّبَارَكَةٍ إِنَّا كُنَّا مُنذِرِينَ (الدخان: 3)
Sesungguhnya Kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi, dan Sesungguhnya Kami-lah yang memberi peringatan. (QS Ad Dukhon: 3)
إِنَّا أَنزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ ٱلْقَدْرِ (القدر: 1)
Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada malam kemuliaan (QS Al QAdr: 1)
Dari beberapa ayat diatas para ulama Tafsir berpendapat bahwa turunnya Alquran ada dua pendapat yaitu:
Pertama
Menurut Ibn el Araby: Alquran diturunkan secara langsung dan keseluruhan pada malam tersebut.
Kedua
Menurut Ibn Abbas Alquran diturunkan secara langsung ke baitul Izzah, lalu diturunkan secara berangsur-angsur kepada Nabi Muhammad saw melalui malaikat Jibril as selama 21 tahun, sedangkan menurut Qatadah dan ibn Zaid
diturunkan pada malam hari selama 23 tahun.
Dari kedua pendapat di atas, kiranya pendapat kedua jauh lebih kuat dan didukung oleh mayoritas ulama, hal ini didasarkan kepada firman Allah swt yang berbunyi:
وَقَالَ ٱلَّذِينَ كَفَرُواْ لَوْلاَ نُزِّلَ عَلَيْهِ ٱلْقُرْآنُ جُمْلَةً وَاحِدَةً كَذَلِكَ لِنُثَبتَ بِهِ فُؤَادَكَ وَرَتَّلْنَاهُ تَرْتِيلاً (الفرقان: 32)
Berkatalah orang-orang yang kafir: “Mengapa Al Quran itu tidak diturunkan kepadanya sekali turun saja? “; demikianlah supaya Kami perkuat hatimu dengannya dan Kami membacanya secara tartil (teratur dan benar). (QS Al Furqan: 32)
Kemudian ayat yang pertama diturunkan adalah QS Al Alaq: 1-5 dan ayat yang terakhir diturunkan adalah QS Al Maidah: 3. Adapun surat yang pertama diturunkan adalah QS Al Mudattsir dan surat yang terakhir diturunkan adalah QS An Nashr.
KLASIFIKASI ALQURAN
A. Makky dan Madany
Adapun ayat-ayat yang diawali dengan kalimat “يَاأَيُّهَا النَّاسُ “ disebut dengan ayat-ayat Makky, biasanya berisikan tentang akidah dan tauhid. Sedangkan ayat-ayat yang diawali dengan kalimat ” يَاأَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا ” disebut dengan ayat-ayat Madany, biasanya berisikan tentang ibadah dan muamalah.
B. Nama dan Sifat Alquran
Sedangkan nama dan sifat Alquran ada banyak sekali diantaranya adalah yaitu:
اَلذِّكْرُ ) Pengingat, QS Al Hijr: 9 (,اَلْكِتاَبُ (Kitab, QS Al Baqarah: 2), اَلْفُرْقاَنُ (Pembeda, QS Al Furqan:1) اَلْكَرِيْمُ (Mulia, QS Al Waqi’ah: 77 ) اَلمْبُاَرَكُ (Berkah, QS Al An’am: 155), اَلْهُدَي وَالرَّحْمَةُ (Petunjuk dan Rahmat, QS An Nahl: 89), اَلشِّفاَءُ (Penyembuh dan Penawar, QS Al Isra’: 82)
KEISTIMEWAAN ALQURAN
Ada banyak sekali keistimewaan Alquran terhadap kitab-kitab suci yang lainnya, diantaranya adalah:
1. Tidak ada satupun kitab suci yang dapat dihafal dengan sangat terperinci kecuali Alquran, firman Allah swt yang berbunyi:
وَلَقَدْ يَسَّرْنَا ٱلْقُرْآنَ لِلذكْرِ فَهَلْ مِن مُّدَّكِرٍ (القمر: 17)
Dan Sesungguhnya telah Kami mudahkan Al-Quran untuk pelajaran, Maka Adakah orang yang mengambil pelajaran? (QS Al Qamar: 17)
2. Membacanya tetap berpahala, walaupun kita tidak memahami maknanya, apalagi kalau kita memahaminya serta tidak ada perselisihan di dalamnya, firman Allah swt yang berbunyi:
أَفَلاَ يَتَدَبَّرُونَ ٱلْقُرْآنَ وَلَوْ كَانَ مِنْ عِندِ غَيْرِ ٱللَّهِ لَوَجَدُواْ فِيهِ ٱخْتِلاَفاً كَثِيراً (النساء: 82)
Maka Apakah mereka tidak memperhatikan Al Quran? kalau kiranya Al Quran itu bukan dari sisi Allah, tentulah mereka mendapat pertentangan yang banyak di dalamnya.(QS An Nisa’: 82)
3. Alquran diturunkan dengan bahasa arab dan tidak berubah-ubah walaupun diterjemahkan kedalam bahasa lainnya, firman Allah swt yang berbunyi:
وَكَذٰلِكَ أَنزَلْنَاهُ قُرْآناً عَرَبِيّاً وَصَرَّفْنَا فِيهِ مِنَ ٱلْوَعِيدِ لَعَلَّهُمْ يَتَّقُونَ أَوْ يُحْدِثُ لَهُمْ ذِكْراً
(طه: 113)
Dan Demikianlah Kami menurunkan Al Quran dalam bahasa Arab, dan Kami telah menerangkan dengan berulang kali, di dalamnya sebahagian dari ancaman, agar mereka bertakwa atau (agar) Al Quran itu menimbulkan pengajaran bagi mereka. ( QS Thaha: 113)
4. Tidak ada yang mampu membuat ayat tandingan karena keindahan bahasanya, meskipun seluruh jin dan manusia bersatu melakukannya, firman Allah swt yang berbunyi:
قُل لَّئِنِ ٱجْتَمَعَتِ ٱلإِنْسُ وَٱلْجِنُّ عَلَىٰ أَن يَأْتُواْ بِمِثْلِ هَـٰذَا ٱلْقُرْآنِ لاَ يَأْتُونَ بِمِثْلِهِ وَلَوْ كَانَ بَعْضُهُمْ لِبَعْضٍ ظَهِيراً (الإسراء: 88)
Katakanlah: “Sesungguhnya jika manusia dan jin berkumpul untuk membuat yang serupa Al Quran ini, niscaya mereka tidak akan dapat membuat yang serupa dengan Dia, Sekalipun sebagian mereka menjadi pembantu bagi sebagian yang lain”. (QS Al Isra’: 88)
5. Alquran tetap akan terjaga keasliannya hingga akhir zaman, firman Allah swt yang berbunyi:
إِنَّا نَحْنُ نَزَّلْنَا ٱلذِّكْرَ وَإِنَّا لَهُ لَحَافِظُون (الحجر: 9)
Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Al Quran, dan Sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya. (QS al Hijr: 9)
PENUTUP
Demikianlah paparan singkat ini kami sampaikan, tentunya agar dapat menambah wawasan pengetahuan dan motivasi untuk lebih serius lagi dalam memahami dan mendalami isi kandungan Alquran ini insya Allah, Amin……
Wasssalam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: