putuyudistirap

Just another WordPress.com weblog

Makna Muharram

Posted by rabot416 pada Januari 9, 2010

Assalamualaikum wr wb
Bulan Muharram dalam pandangan Islam terutama diperuntukkan Umat Islam mengandung makna muasabah, merupakan suatu bentuk koreksi diri, introspeksi keberadaan kita apakah sudah menjadi orang-orang yang bertaqwa sesuai dengan ketetapan Allah SWT maupun tuntunan rasulullah SAW. Sebenarnya kalender Islam adalah penuh makna jika dibandingkan dengan kalender Masehi. Ada peristiwa besar yang mendasari mengapa kita harus lebih memaknai bulan Muharram ini, yaitu tentang hijrahnya Rasulullah SAW dari Makkah ke kota Madinah untuk mengembangkan syiar Islam. Hijrah artinya berpindah dan peistiwa ini sudah berjalan selama 1431 tahun yang lalu, namun kapan disepakati bahwa tahun baru Islam itu adalah 1 Muharram yaitu pada masa pemerintahan khalifah Umar bin Khatab.

Pada saat itu dicari rumusannya apakah diambil dari hari lahirnya Rasulullah SAW atau sejak peristiwa Isra’ Miraj ataukah pada saat Rasulullah SAW menerima wahyu pertama kali ? Usulan yang diterima pada saat itu adalah dari Ali bin Abu Thalib dimana diambil momen yang tepat adalah tanggal keberangkatan hijrahnya rombongan Rasulullah SAW yang terakhir ke Madinah, momen untuk merubah segalanya yang kebetulan jatuh pada tanggal 15 Juli 1622 M. Tanggal itulah yang ditetapkan sebagai tanggal awal 1 Muharram 1 H, dan itu jatuh pada hari Jum’at, dan 1 Muharram 1431 H kemarin juga bertepatan dengan hari Jum’at.
Sebagaimana diketahui dari sejarah bahwa proses hijrah tersebut dilakukan secarabergelombang dan terakhir adalah 15 Juli 1622 M dan 70 hari setelah itu barulah rombongan Rasulullah SAW bersama beberapa sahabat berangkat menuju Madinah, menempuh perjalanan yang cukup panjang dan banyak peristiwa yang menyertai perjalanan tersebut, termasuk perintah sholat Jum’at yang ada dalam surat Al-Jumu’ah ayat 9 :
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا نُودِي لِلصَّلَاةِ مِن يَوْمِ الْجُمُعَةِ
فَاسْعَوْا إِلَى ذِكْرِ اللَّهِ وَذَرُوا الْبَيْعَ ذَلِكُمْ خَيْرٌ لَّكُمْ إِن كُنتُمْ تَعْلَمُونَ
Hai orang-orang yang beriman, apabila diseru untuk menunaikan sembahyang pada hari Jum`at, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.(QS Al Jumu’ah 62:9).
Hari Jum’at merupakan hari-hari yang memiliki banyak keutamaan antara lain :
1. Hari dimana rombongan terakhir hijrah menuju ke kota Madinah.
2. Hari dimana berangkatnya Rasulullah SAWdari kota makkah menuju Madinah
3. Hari dimana Rasulullah SAW masuk kota Madinah.
Saat ini dunia Islam terusik oleh banyaknya umat Islam ikut merayakan pergantian tahun baru dimalam tanggal 31 Desember setiap tahunnya, berhura-hura, pesta, mabuk-mabukan sehingga lalai menjalankan sholat. Apalagi jika keesokan harinya hari Jum’at, tentunya akan banyak yang lalai menjalankan shalat Jum’at. Kita lihat nanti yang kebetulan tanggal 1 Januari 2010 jatuh hari Jum’at dan telah ditetapkan sebagai hari libur Nasional. Semoga kita semua menyadari kesalahan pandangan tersebut, sebab pergantian hari dari sejarahnya adalah berdasarkan kesepakatan antara Masehi yang jatuh pada jam 00.00 tengah malam, sedangkan didalam Islam adalah sejak tergelincirnya matahari (Mahgrib).
Semoga umat Islam semakin banyak menyadari ini bahwa didalam Islam tidak dikenal pergantian hari adalah jam 00.00. Demikian juga dengan saudara-2 umat Nasrani, tidak perlu kita mengucapkan selamat hari kelahiran Yesus, sebab Islam tidak mengenal itu.
Shalat Jum’at menyuruh kita untuk bertaqwa, menyiapkan hari akhir, mengingat taqwa memiliki beberapa kriteria yaitu :
a. Menggugah taqwa kita dengan shalat Jum’at artinya mengingat Allah SWT, dzikirlah, terutama dihari Jum’at.
b. Dzikirullah adalah shalat, sebagaimana dituangkan dalam firman Allah SWT dalam surat Al Baqarah ayat 200-202 :
فَمِنَ النَّاسِ مَن يَقُولُ رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا وَمَا لَهُ فِي الآخِرَةِ مِنْ خَلاَقٍ
وِمِنْهُم مَّن يَقُولُ رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي
الآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ أُولَـئِكَ لَهُمْ نَصِيبٌ مِّمَّا كَسَبُواْ وَاللّهُ سَرِيعُ الْحِسَابِ
Maka di antara manusia ada orang yang berdo`a: “Ya Tuhan kami, berilah kami (kebaikan) di dunia”, dan tiadalah baginya bahagian (yang menyenangkan) di akhirat. Dan di antara mereka ada orang yang berdo`a: “Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka”. Mereka itulah orang-orang yang mendapat bahagian dari apa yang mereka usahakan; dan Allah sangat cepat perhitungan-Nya.(QS Al Baqarah 2:200-202).
Momen Hijrah sangat mendasari dalam memasuki bulan Muharram 1431 H ini, sebagaimana tertuang dalam firman Allah `SWT dalam surat An-Nisaa’ ayat 100 :
وَمَن يُهَاجِرْ فِي سَبِيلِ اللّهِ يَجِدْ فِي الأَرْضِ مُرَاغَماً
كَثِيراً وَسَعَةً وَمَن يَخْرُجْ مِن بَيْتِهِ مُهَاجِراً إِلَى اللّهِ
وَرَسُولِهِ ثُمَّ يُدْرِكْهُ الْمَوْتُ فَقَدْ وَقَعَ أَجْرُهُ عَلى اللّهِ
وَكَانَ اللّهُ غَفُوراً رَّحِيماً
Barangsiapa berhijrah di jalan Allah, niscaya mereka mendapati di muka bumi ini tempat hijrah yang luas dan rezki yang banyak. Barangsiapa keluar dari rumahnya dengan maksud berhijrah kepada Allah dan Rasul-Nya, kemudian kematian menimpanya (sebelum sampai ke tempat yang dituju), maka sungguh telah tetap pahalanya di sisi Allah. Dan adalah Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang( QS An-Nisaa’ 4:100).
Hijrah keluar dari rumah bisa ditafsirkan sebagai kekuatan untuk meninggalkan ego kita mengikuti ajaran Allah SWT dan sunah Rasululah SAW. Keinginan duniawi kita harus kita tinggalkan untuk mendatangi masjid shalat berjamaah/shalat jum’at begitu kita mendengar adzan. Hijrah harus selalu didengungkan pada diri kita untuk meningkatkan ketaqwaan kita kepada Allah SWT.
Semoga kita termasuk orang-orang yang mau merubah sikap dan perilaku kita sehingga bisa memenuhi dan mematuhi perintah dan panggilan Allah SWT serta selalu mengikuti sunah Rasululah SAW.
Amin.
Wassalamualaikum wr wb

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: