putuyudistirap

Just another WordPress.com weblog

Idul Fitri dan Implikasinya

Posted by rabot416 pada Januari 9, 2010

Assalamualaikum Wr Wb
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ
وَنَفْسٍ وَمَا سَوَّاهَا فَأَلْهَمَهَا فُجُورَهَا وَتَقْوَاهَا قَدْ أَفْلَحَ مَن زَكَّاهَا وَقَدْ خَابَ مَن دَسَّاهَا ﴿١٠٧
Dan jiwa serta penyempurnaannya (ciptaannya), maka Allah mengilhamkan kepada jiwa itu (jalan) kefasikan dan ketakwaannya, sesungguhnya beruntunglah orang yang mensucikan jiwa itu, dan sesungguhnya merugilah orang yang mengotorinya.(Asy-Syamsu 91: 7-10)

Mahluk manusia terdiri dari unsur jasmani dan rohani.Didalam unsur jasmani terdapat 2 (dua) ruh yaitu ruh nabati dan hayawani. Sedangkan didalam unsur rohani terdapat ruh idhofi/robbani. Kemudian apabila ruh hayawani lebih dominan daripada ruh idhofi dalam mengatur kehidupan manusia, maka manusia tersebut termasuk manusia fasik. Begitu pula sebaliknya, jika yang lebih dominan adlah ruh idhofi maka manusia tersebut termasuk manusia takwa/sholeh.
Dalam kenyataannya manusia pasti mempunyai dosa, namun yang membedakan adalah kadar (besar/kecil) dari dosa tersebut, kecuali para nabi yang terpelihara dari perbuatan dosa (ma’shum). Oleh karena itu Allah SWT menciptakan Idul Fitri sebagai sarana untuk mensucika diri dari dosa dosa tersebut. Dalam mensucikan diri dari dosa-dosa tersebut, harus dilakukan dengan dua cara yaitu Hablum Minallah (Hubungan vertikal) dan Hablum Minannaas (Hubungan horizontal). Adapun cara mensucikan diri dari dosa-dosa hablum minallah yaitu dengan menunaikan dan menegakkan ibadah Ramadhan, sebagaimana sabda Nabi SAW “Barang siapa yang berpuasa dan menegakkan bulan Ramadhan karena iman dan mengharapkan (pahala dari Allah), maka niscaya diampuni dosa-dosa yang telah lalu dan akan datang” (HR Thabrani).
Selanjutnya supaya kesucian yang telah diraih dengan melaksanakan Ramadhan sebagaimana dijelaskan dalam hadits diatas, lalu kita disuruh untuk waspada terhadap tipu daya muslihat iblis, sebagaimana yang diterangkan didalam kitab Durratul Wa’idzin “Sesungguhnya raja iblis menjerit-jerit pada hari Ieed, sehingga berkumpullah bala tentaranya seraya berkata:” Wahai tuan apa yang menyebabkan tuan marah ?, raja iblis menjawab : Tidak ada apa-apa, tetapi Allah pada hari ini telah mengampuni dosa-dosa umat Muhammad SAW, maka aku perintahkan kepada kalian untuk memperdayakan mereka melalui bersenang-senang mengikuti hawa nafsu, minum khamr dsb, sehingga Allah membenci mereka. Kemudian Nabi berpesan kepada umatnya agar menahan diri pada hari Ied dari mengikuti hawa nafsu dan yang dilarang oleh Allah SWT serta senantiasa berbuat ta’at kepada-Nya. Dalam riwayat lain Nabi menyatakan : bersungguh-sungguhlah kalian pada hari Idul Fitri dengan bersedekah, beramal sholeh dan kebaikan-kebaikan lainnya dari shalat, zakat, tasbih dan tahlil”. Dan didalam Kitab tersebut dijelaskan pula bahwa pada hari Ied Allah mengampuni dosa dosa kalian, mengabulkan doa-doa kalian dan mencurahkan rahmat-Nya.
Sedangkan cara mensucikan diri dari dosa-dosa Hablum Minannaas yaitu dengan saling memaafkan satu sama lainnya, karena sesungguhnya Allah tidak akan memaafkan dosa sesamanya kecuali orang ybs memaafkannya. Makna secara umum bisa disimak dalam firman Allah SWT yang tertera dalam Surat Ali-‘Imraan ayat 133-134 :
وَسَارِعُواْ إِلَى مَغْفِرَةٍ مِّن رَّبِّكُمْ وَجَنَّةٍ عَرْضُهَا
السَّمَاوَاتُ وَالأَرْضُ أُعِدَّتْ لِلْمُتَّقِينَ
الَّذِينَ يُنفِقُونَ فِي السَّرَّاء وَالضَّرَّاء
وَالْكَاظِمِينَ الْغَيْظَ وَالْعَافِينَ عَنِ النَّاسِ
وَاللّهُ يُحِبُّ الْمُحْسِنِينَ
Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa, (yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan mema`afkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan.
Demikianlah semoga bermanfaat,
Wasalamualaikum wr wb

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: