putuyudistirap

Just another WordPress.com weblog

Bulan Muharram

Posted by rabot416 pada Januari 9, 2010

Assalamualaikum Wr Wb
Tanpa terasa waktu terus bergulir sehingga saat ini kita telah memasuki tahun baru 1 Muharram 1431 H. Bagi seorang muslim sejati, momentum pergantian waktu akan selalu dimanfaatkan untuk melaksanakan muhasabah atau introspeksi diri, bukan melakukan hal-2 yang bersifat hura-hura, apalagi melakukan kemaksiatan yang dibenci Allah SWT.
وَالْعَصْرِ ﴿١
إِنَّ الْإِنسَانَ لَفِي خُسْرٍ ﴿٢
Demi masa, sesungguhnya manusia itu benar-2 berada dalam kerugian (QS Al Ashr 1-2).

Kalau Allah SWT bersumpah dengan menyebut nama waktu, itu berarti manusia diingatkan agar jangan sampai menyianyiakan waktu. Apabila waktu tidak digunakan dengan sebaik-baiknya, maka kerugian akan dialaminya, baik didunia maupun diakhirat, apalagi umur manusia memang harus dipertanggung jawabkan. Dalam hal ini Rasulullah SAW bersabda ” pergunakanlah 5 perkarakesempatan ini sebelum datang 5 perkara ”
1. Pergunakanlah hidupmu sebelum datang kematianmu
Hidup harus kita gunakan dengan sebaik-baiknya sebelum datang saat kematian. Jika kita menyadari hidup didunia ini sifatnya sementara, cepat atau lambat kita akan mati. Sesudah mati bukan berarti berakhir kehidupan manusia, namun akan hidup dialam akhirat dan bahagia atau tidak dalam kehidupan akhirat tergantung pada waktu hidup kita didunia.
2. Pergunakanlah masa sehatmu sebelum datang masa sakitmu
Waktu yang harus kita manfaatkan adalah waktu sehat, kesehatan adalah merupakan kenikmatan yang sangat besar dari Allah SWT. Didalam hadits Rasulullah SAW bersabda ” Ada 2 kenikmatan dan banyak orang terperdaya, yaitu nikmat sehat dan waktu yang senggang”
3. Pergunakanlah waktu senggangmu sebelum datang kesibukanmu
Bila kita sudah sibuk kita akan menemui kesulitan mengerjakan tugas-2 dengan baik karena dikejar-kejar waktu. Orang muslim jangan suka menunda-nunda pekerjaan atau tugas yang harus diselesaikan
4. Pergunakanlah waktu mudamu sebelum datang masa tuamu
Ini menunjukkan betapa pentingnya usia muda untuk memperbanyak melakukan amal kebaikan sebanyak-banyaknya. Rasulullah SAW sendiri mempunyai perhaatian yang serius terhadap generasi muda seperti kejadian pada Usamah bin Zaid yang ketika itu berusia 17 tahun tetapi sudah diangkat oleh Rasulsebagai panglima perang karena kemampuannya yang sangat hebat dalam peperangan sebelumnya. Memang tidak mudah sehingga bagi pemuda yang berhasil menggunakan manfaat mudanya untuk mengabdi kepada Allah SWT akan mendapatkan naungan di akhirat dari Allah SWT, sebagaimana disabdakan oleh baginda Rasulullah SAW ” 7 macam golongan yang akan dinaungi Allah SWT pada hari yang tiada naungan kecuali naungan Allah SWT …… pemuda yang tumbuh dalam ibadah kepada Allah SWT ”
5. Pergunakanlah waktu kayamu sebelum datang kemiskinanmu.
Memiliki kekayaan didalam Islam tidaklah dilarang, bahkan Allah SWT memerintahkan kepada seorang muslim untuk berusaha mencari kekayaan, namun jangan sampai mengabaikan kita dari mengingat Allah SWT. Hal ini sudah diingatkan dalam firman-Nya di Surat Al Munaafiquun ayat 9 :
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تُلْهِكُمْ أَمْوَالُكُمْ وَلَا أَوْلَادُكُمْ عَن ذِكْرِ اللَّهِ
وَمَن يَفْعَلْ ذَلِكَ فَأُوْلَئِكَ هُمُ الْخَاسِرُونَ
Hai orang-orang yang beriman, janganlah harta-hartamu dan anak-anakmu melalaikan kamu dari mengingat Allah. Barangsiapa yang membuat demikian maka mereka itulah orang-orang yang rugi (QS Al Munaafiquun 63:9).
Dengan demikian orang yang ingin mencari kekayaan maka mencarinyatidak boleh menghalalkan segala cara, tetapi dengan menempuh cara-2 yang halal, dan jika sudah mendapatkannya, tidak boleh lupa dari membayar kewajiban zakat infaq dan sadaqah.
Akhirnya harus kita sadari kalau menggunakan waktu dengan baik itu memang suatu keharusan setiap muslim, sebab waktu merupakan masa yang sangat cepat berlalu. Bila waktu sudah berlalu tidak mungkin kembali lagi, karenanya waktu merupakan harta yang sangat mahal harganya bagi manusia dalam kehidupan ini.
Wassalamualaikum wr wb

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: