putuyudistirap

Just another WordPress.com weblog

GÀSÀV Anti Virus 1.2

Posted by rabot416 pada Januari 2, 2010

Perkembangan virus di Indonesia begitu pesat. Tak jarang virus yang tercipta ini begitu (sangat) merugikan kita. Mulai dari kita jengkel karena saat bekerja kita terus diganggu, dokumen kita hilang karena disembunyikan sampai kerusakan permanen pada computer yang disebabkan oleh virus.

Oleh karena itu, dibuatlah sebuah Antivirus yang sederhana ini untuk membantu anda dalam menanggulangi ulah – ulah virus yang beredar di Indonesia, baik yang virus local, maupun virus mancanegara.

GASAV Antivirus mengusung beberapa teknik yang berasal dari pembuatnya sendiri, namun ada juga beberapa teknik yang diusung dari antivirus lain (KAV dari A.M. Hirin, AVIGen dari AVIGen team).

GASAV bersifat free dan dapat didistribusikan kepada siapa saja, karena kami menyadari sudah banyak Antivirus-antivirus lain yang lebih bagus daripada Antivirus ini. Kami menyadari, masih banyak kekurangan pada GASAV ini, dan kami berharap agar GASAV dapat terus berkembang dalam membantu anda menanggulangi virus-virus yang beredar di Indonesia ini.

Terakhir, kami (GASAV Team) berterimakasih kepada orang-orang yang telah membantu dalam mengerjakan Antivirus yang sederhana ini.

User Database

Anda dapat menambahkan sendiri database GASAV anda. Caranya dengan klik menu Add Virus Definition pada menu file.

Process Viewer

Proses yang berjalan di windows bermacam-macam. Mulai dari proses program yang berjalan seperti biasa, maupun proses virus yang berjalan. Semua proses yang berjalan di windows dapat ditampilakn dari fitur ini (kecuali program (baca: virus) yang mempunyai kemampuan stealth. Dan anda juga dapat melakukan operasi terhadap proses yang berjalan seperti meng-suspend, meng-kill meng-resume dan lain-lain.

Windows Performance

“Huaa… Ni kompie lambat amat sih? Emang program yang jalan makan memory berapa?” Berdasarkan pertanyaan diatas, maka ditambahkan lagi lah sebuah fitur, yaitu Windows Performance. Disini ditampilkan informasi tentang jumlah memory-memory yang tersedia di Windows yang anda gunakan. Selain itu, terdapat pula persentase kesibukan CPU (CPU Usage).

Service Viewer

Beberapa virus mendaftarkan dirinya sebagai service sebagai pengganti proses. (sebagai contoh virus KSpoold) Nah, melalui Service Viewer, anda dapat melakukan aksi terhadap service yang terbukti sebagai service suatu virus. Namun, pada versi kali ini, GASAV belum dilengkapi dengan fasilitas Scan Service. Ya, masih banyak kekurangan dari GASAV versi ini. Namun jangan khawatir, versi berikutnya (tidak tahu kapan ) GASAV akan lebih baik.

Edit Registry

Sepengetahuan saya, virus akan (bukan akan, tetapi selalu dan memang) membuat beberapa key di Registry untuk mempertahankan hidupnya dalam computer korban. Sebagai contoh, ia akan memblok Folder Option dengan membuat key dengan nama NoFolderOption pada registry HKEY_LOCAL_MACHINE\Software\Microsoft\Windows\Curent Version\Policies\Explorer. Hal itu dapat anda atasi dengan menggunakan fitur Edit Registry dari GASAV.

Set Attribute File/Folder

Virus pun juga berusaha untuk menyembunyikan data korbannya. Entah dengan tujuan apa. Dan juga menyembunyikan induk dirinya agar ia tetap terlindungi dan terus aktif di computer korbannya. Dengan fitur ini, anda dapat mengembalikan data-data yang disembunyikan oleh virus yang nakal seperti itu.

Plugins

Tools apa lagi ini? Ya, GASAV dapat didukung dengan aplikasi lain yang penulis kira dapat di integrasikan dengan GASAV. Sebagai contoh KillVBS, Yuyun Cleaner,dan Fix Registry lainnya dari Mas Heru (Thanx Copral!). Tidak hanya itu, plugin lain yang saya peroleh dari internet juga saya integrasikan dengan GASAV.

Scan Archive

Fitur ini merupakan fitur terbaru dari GASAV. Ia dapat memeriksa file-file archive dari ancaman virus. Tidak sulit menggunakan fitur ini.

Exception List

Fitur ini juga merupakan fitur yang paling baru dari GASAV. Disini anda dapat menambahkan file di daftar pengecualian. Jadi file yang terdapat di daftar pengecualian tidak akan dlakukan pemeriksaan. Walaupun itu merupakan file virus, bila sudah terdapat di Exception List, file itu dianggap bukan virus.

App Runner

Fitur ini sama seperti fasilitas Run di Windows. Namun kelebihannya, fitur yang dijalankan melalui GASAV ini tetap dapat digunakan meskipun virus memblok fasilitas Run di Windows.

Untuk Mendownload :
Download Gasav

bagi yang belum terlalu mengerti disediakan user guide manual dari gasav :
Download User Guide

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: