putuyudistirap

Just another WordPress.com weblog

Disdik Bogor Realisasikan Blue Print Pendidikan

Posted by rabot416 pada Januari 1, 2010

Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bogor optimistis mampu menjalankan semua program yang telah direncanakan dalam blue print pendidikan. Namun, pencapaian itu dilakukan bertahap dengan skala prioritas.

”Blue print Dinas Pendidikan ini kita buat untuk memudahkan evaluasi progam-program pencapaian target dan sasaran ke depan. Kita optimistis dapat menjalankannya,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor, Lukman MM, Msi di Bogor, Senin (7/7).

Lewat blue print pendidikan, kata dia, misalnya bisa diketahui program wajib belajar sembilan tahun sampai saat ini baru pencapaian APK (angka partisipasi kasar) 84 persen, padahal angka idealnya pada kisaran 95 persen. Pencapaian ini berpengaruh pada kenaikan angka indeks pembangunan manusia (IPM) yang saat ini berkisar 70,18 persen.

Menurut Lukman, keterlambatan pelaksanaan blue print pendidikan sebenarnya lebih banyak disebabkan faktor di luar Disdik, seperti faktor geografis, sosial ekonomi, dan faktor budaya. Sementara faktor internal disebabkan karena tidak meratanya SDM yang khusus menangani program-program Disdik seperti yang disyaratkan dalam blue print.

Beberapa program yang sedang dijalankan sesuai dengan blue print pendidikan tersebut, di antaranya workshop sertifikasi guru, pengurusan sertifikat tanah sekolah, dan pembangunan SMK yang berbasis pada peningkatan kualitas SDM, sehingga menghasilkan lulusan di tingkat sekolah keterampilan yang siap pakai. ”Lewat program ini kita mengharapkan dapat menghindari pengangguran terdidik yang berakibat terjadinya bom waktu sosial di masyarakat,” papar Lukman.

Disdik, lanjut Lukman, juga tengah mengembangkan program pendidikan tingakt SMP yang dikenal dengan REDIP-G (Regional Education Development and Improvement Program-Government) di delapan kecamatan. Yakni Kecamatan Cigombong, Megamendung, Pamijahan, Cisarua, Rumpin, Klapa Nunggal, Cigudeg, dan Gunung Putri. Model ini didaposi dari REDIP-G yang didanai oleh JICA.

dikutip dari :
republika.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: