putuyudistirap

Just another WordPress.com weblog

Virus Conficker Lumpuhkan Pesawat Tempur

Posted by rabot416 pada Desember 31, 2009


Dasyatnya virus worm ini hingga mengimbas militer Perancis. Korban baru virus worm Conficker tidak tanggung-tanggung, yaitu jet tempur Angkatan Laut Perancis pun ikut digasak. Ulah virus worm Conficker alias Downadup ini menyebabkan jet tempur canggih Rafale milik AL Perancis gagal terbang.

Jet tempur Rafale ini gagal mengudara karena jaringan komputer AL Perancis terinfeksi oleh virus worm ini. Sistem pesawat tempur tersebut gagal mengunduh rencana rute penerbangan

Para staf Angkatan Laut sempat juga melarang untuk menghidupkan komputer dalam lingkungan jaringan Intramar ini. Mereka terpaksa memutuskan koneksi jaringan untuk menghentikan penyebaran virus pada jaringan Intramar bulan kemarin.

Web browser dan email pada jaringan tersebut berhasil dikacaukan, sehingga mereka terpaksa untuk menggunakan cara-cara tradisional untuk komunikasi, seperti menggunakan telepon, faks bahkan menggunakan surat.

Seperti yang dikabarkan oleh situs Telegraph, Juru Bicara Angkata Laut Perancis Jerome Erulin mengatakan “Virus tersebut menyebabkan terhambatnya pertukaran informasi, namun tidak ada data yang hilang”.

Erulin juga mengatakan kepada AFP, bahwa infeksi virus worm ini terdeteksi pada 12 Januari lalu, sekitar 3 bulan setelah Microsoft menerbitkan patch Windows darurat untuk menghadapi ekspoitasi Conficker.

Pejabat AL Perancis mengatakan bahwa insiden ini lebih disebabkan akibat kelalaian, dan bukan kejadian yang direncanakan. Diperkirakan virus ini berasal dari USB Flash Disk yang dicolok oleh salah seorang stafnya.

Menurut harian Liberation, hingga kini, Kementrian Pertahanan Perancis belum mengetahui berapa banyak komputer di jaringan militer yang telah ketularan virus ini.

Virus Conficker sendiri memang telah menyebar demikian luas di internet, sejak Oktober tahun lalu. Sempat juga bulan kemarin telah mengacaukan beberapa server milik perusahaan IT di AS.

Namun militer Perancis mengabaikan peringatan tentang bahaya virus ini sehingga mereka mengabaikan untuk meng-update database antivirus dan menginstal tambalan-tambalan keamanan baru yang mampu mengantisipasi virus ini.

Diketahui virus Conficker telah menginfeksi lebih dari 10 Juta jaringan komputer seluruh dunia. Termasuk pihak militer Inggris. Sebelumnya Kementrian Pertahanan Inggris juga sempat diserang oleh sebuah virus hybrid yang sukses menginfeksi lebih dari 24 pangkalan udara Royal Air Force (Angkatan Udara Inggris).Bahkan, virus itu juga menginfeksi 75 persen komputer di kapal AU Inggris, termasuk Kapal Induk Ark Royal.

jadi mengapa microsoft menghadiahi 2,9 miliar rupiah . bagi siapa yang membuat virus conficer ? karena effect dari virus tersebut sangat dahsyat !

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: