putuyudistirap

Just another WordPress.com weblog

Sebar Fitnah, Blogger Didenda Rp 400 Juta

Posted by rabot416 pada Desember 29, 2009

Tulisanmu harimaumu’, itulah mungkin ungkapan yang cocok bagi dua blogger ini. Tulisan yang mereka buat sampai harus tersangkut kasus hukum dan diwajibkan membayar denda hingga Rp 400 juta.

Kasus ini bermula ketika kedua blogger asal China tersebut membuat tulisan tentang seorang sutradara film Negeri Tirai Bambu yang bernama Xie Jin meninggal dalam pelukan pelacur.

Sontak, berita itu mengagetkan pihak keluarga yang ditinggalkan. Mereka pun menyeret kedua blogger tersebut ke pengadilan dengan tuduhan pencemaran nama baik.

Pihak pengadilan Shanghai sendiri telah mengetok palu atas kasus ini. Hasilnya, kedua blogger yang kebablasan itu diwajibkan membayar kompensasi kepada janda Xie – Wu Dawen — dan membuat surat permintaan maaf dan harus ditayangkan di internet.

Namun bukannya menyadari kesalahannya, Song Zude — salah satu blogger tersebut — malah bersikeras tulisan yang ia tampilkan mengenai kelakuan cabul Xie Jin adalah berita benar.

“Putusan ini tidak adil, Saya tidak akan meminta maaf. Saya juga tidak akan membayar kompensasi tersebut dan akan mengajukan banding,” tegasnya, dikutip detikINET dari AFP, Senin (28/12/2009).

Song sendiri bersikeras bahwa ia memiliki bukti bahwa semasa hidup, Xie Jin seorang penikmat wanita tunasusila. Hanya saja, keyakinan Song tersebut tak dianggap oleh pengadilan lantaran tak memiliki bukti kuat.

maka dari itu untk para blogger sobat saya janganlah kalian membuat tulisan yg macam – macam sudah ada UU ITE loh !

dikutip : detik.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: