putuyudistirap

Just another WordPress.com weblog

WordPress Kini Terintegrasi Dengan API Twitter

Posted by rabot416 pada Desember 28, 2009


Dewasa ini, layanan microblogging memang lebi dilirik oleh para pengguna internet di seluruh penjuru dunia. Selain mudah dilakukan dari mana saja, pengguna internet juga tak perlu repot untuk menulis dalam format teks yang panjang seperti ketika menulis blog. Kini siapapun bisa mengupdate status mereka, apa yang sedang mereka kerjakan, apa yang sedang dipikirkan dan dimana keberadaan mereka saat ini. Semua terjawab dengan adanya microblogging.

Meskipun pamor microblogging kini telah mampu melewati blog, namun bukan berarti blog sudah ketinggalan jaman. Kali ini pihak WordPress sendiri lah yang berusaha untuk bersimbiosis dengan platform microblogging sekelas Twitter. Yang mana kini sudah disediakan API khusus sehingga memungkinkan pengguna untuk memposting dan membaca blog menggunakan API Twitter tersebut.

Ini artinya aplikasi Twitter kini telah mendukung API URL yang telah digunakan untuk mengupdate blog di WordPress.com ataupun membaca update suatu blog menggunakan API ini. Salah satu aplikasi klien Tweetie 2 menjadi pihak ketiga yang pertama kali telah mengimplementasikan API ini.

Melihat arus pada Twitter yang begitu padat, tentu ini adalah hal baik juga bagi WordPress yang kini sudah mulai bisa saling terintegrasi. Selain itu juga ini bisa dimanfaatkan oleh aplikasi klien pihak ketiga yang ingin menggunakan fitur yang sama. Nyatanya, pendiri WordPress, Matt Mullenweg, menceritakan bahwa WordPress sendiri kini sedang berusaha untuk mengembangkan cara-cara bagi Twitter dan platform-nya untuk tidak tumpang tindih.

Integrasi yang juga dilakukan oleh pihak ketiga, Tweetie, merupakan hal yang memang cukup bagus. Yang Anda butuhkan untuk bisa menggunakan API ini adalah dengan menambahkan akun WordPress Anda ke Tweetie setting dan Anda akan dapat memposting status update ke blog WordPress.com dan juga dapat menampilkannya untuk bisa membacanya menggunakan aplikasi ini. Selain itu tentu fitur geotagging juga bisa Anda aktifkan untuk bisa melengkapinya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: