putuyudistirap

Just another WordPress.com weblog

Futsal Olahraga yang lagi Ngetren !

Posted by rabot416 pada Desember 1, 2009

SEMPITNYA lahan dan minimnya sarana olah raga khususnya sepak bola, menyebabkan banyak orang mencari alternatif lain untuk menggantikannya. Untuk itu diperlukan inovasi-inovasi baru guna mengatasinya. Salah satu cara yang saat ini sedang trend khususnya di kalangan anak muda yang menggemari sepak bola adalah bermain futsal.

Olah raga futsal bisa menjadi pilihan Anda khususnya pada waktu luang dan santai seperti di hari Minggu ini. Peraturannya pun relatif sama dengan dengan sepak bola pada umumnya, hanya ada sedikit perbedaan seperti dalam jumlah pemain, aturan bola ke luar lapangan, ukuran bola, dan lain-lain. Namun, peraturan permainan futsal relatif cepat dimengerti sebab sebagian besar memang mengadopsi dari permaian sepak bola lapangan besar.

Lapangan futsal yang ada di Kota Bandung relatif masih terbatas. Ada beberapa tempat yang selalu ramai, salah satunya di Parahyangan Plaza yang hampir setiap pagi, sore, dan malam selalu dipadati pengunjung. Kalangannya pun beragam dari mulai siswa, masyarakat umum, pegawai kantoran, sampai dengan wartawan juga biasa bermain di tempat ini.

Untuk bisa menggunakan tempat ini dikenakan sewa lapangan yang bisa dibayar langsung atau menyewa per bulannya. Untuk sewa lapangan per bulan dikenakan biaya Rp 260 ribu, dengan ketentuan bisa menggunakan lapangan selama satu jam dalam satu minggu. Sedangkan, untuk sewa secara langsung dikenakan biaya sebesar Rp 65 ribu. Namun demikian, di tempat ini rata-rata orang menyewa per bulan.

“Tarif ini memang telah disesuaikan dengan kondisi saat ini. Selain itu kita juga harus memelihara lapangan dan menyediakan fasilitas lainnya seperti lampu dan bola,” ucap seorang pengelola tempat itu.

Adapun waktu yang paling padat biasanya pada Sabtu dan Minggu.

Jenis olah raga ini memang masih relatif baru, namun demikian cepat digemari berbagai kalangan. Berbagai keuntungan bisa didapatkan dengan bermain futsal. Selain tidak terlalu luasnya lahan yang diperlukan sebagai lapangan, permainan ini juga bisa dilakukan kapan saja tanpa terganggu kondisi cuaca sebab dilakukan di dalam ruangan. Selain itu, permainan ini dituntut lebih aktif dibandingkan permaian sepak bola biasa, karena sistem pertandingan yang dilakukannya cukup cepat.

“Bermain futsal lebih cape dibandingkan bermain sepak bola biasa. Walaupun lapangannya lebih kecil, kita dituntut terus berlari karena jarang sekali terjadi jeda dalam permainan ini,” ucap Andri, salah seorang penggemar futsal yang hampir setiap minggu berlatih di tempat itu.

Walaupun dalam peraturan sebenarnya pemain futsal dibatasi hanya lima orang termasuk kiper, khusus bagi pemula bisa bermain enam sampai tujuh orang. Namun demikian, pergantian pemain dalam olah raga ini bisa dilakukan secara bebas, sehingga bisa dimainkan oleh banyak orang.

“Bagi kami bermain futsal bisa menghilangkan kejenuhan dalam menjalankan aktivitas sehari-hari selama satu minggu. Selain itu, dengan futsal kita tidak usah repot mencari lapang yang luas untuk bermain sepak bola selain tentunya relatif lebih murah,” ucap Andri. Anda ingin mencoba?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: