putuyudistirap

Just another WordPress.com weblog

Sel Sederhana

Posted by rabot416 pada November 12, 2009

Sel Sederhana
Susunan dasar sel sederhana terdiri dari pelat tembaga sebagai electrode positif, pelat seng sebagai electrode negative, dan larutan asam sulfatsebagai elektrolit ( zat yang menghantarkan arus listrik ). Beda potensial yang dihasilkan di antara kedua kutub electrode kira – kira 1 volt.

Cara kerja sel sederhana adalah ketika kutub – kutub kedua pelat dihubungkan dengan kawat, sehingga terjadi reaksi kimia. Seng dari pelat seng melarut dalam asam, sehingga ion positif pergi ke dalam larutan. Ion – ion seng positif meninggalkan electron – electron pada pelat seng, sehingga pelat menjadi bermuatan negative. Electron – electron dari pelat seng bergerak melalui kawat penghubung menuju ke pelat tembaga. Pada pelat tembaga ini, electron – electron dapat ditangkap oleh ion – ion positif hydrogen yang terdapat dalam larutan asam, sehingga ion hydrogen berubah menjadi gas hydrogen. Jadi, ketika sel berkerja, seng pada pelat berkurang karena melarut secara perlahan dan gelembung – gelembung gas hydrogen akan mengumpul pada pelat tembaga.
Apakah Kelemahan Sel Sederhana ? jika pelat tembaga dan pelat seng anda hubungkan dengan kawat tembaga melalui sebuah lampu pijar kecil, lampu pijar akan menyala. Lampu pijar hanya menyala untuk beberapa saat lalu akan meredup dan akhirnya padam. Gelembung – gelembung hydrogen mengumpul di sekitar pelat tembaga. Gelembung tersebut menghalangi pelat tembaga untuk berhubungan baik dengan larutan asam, ini juga mengakibatkan pemberentian reaksi kimia. Sehingga, diketahui peristiwa berkumpulnya gelembung hydrogen di sekitar pelat tembaga di sebut polarisasi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: