putuyudistirap

Just another WordPress.com weblog

Masa Depan Android Di Indonesia Belum Terraba

Posted by rabot416 pada November 7, 2009

Sejak awal peluncurannya, Android menjadi pembicaraan hangat dikalangan pencinta gadget di dunia, kendati umurnya masih terbilang pendek. Kehebatan Android pun mampir juga di Indonesia, yang dipelopori pertama kali oleh HTC Magic. Sayangnya, ponsel Android masih terbentur berbagai masalah di tanah air, sehingga OS ini kurang terdengar gaungnya.

Masalah utama yang terjadi pada OS besutan Google ini terletak pada terbatasnya aplikasi yang dibutuhkan. Padahal sejatinya, aplikasi tersebutlah yang menjadi kekuataan utama Android. Keterbatasan itu semakin diperparah dengan tertutupnya akses pengguna Android di Indonesia untuk mengunduh segala macam aplikasi di toko aplikasi Android buatan Google.

“Saya juga tidak mengerti mengapa Google ikut campur dalam masalah aplikasi ini terlalu jauh. Sudah sering pengguna Android di Indonesia mengeluh karena dilarang mengunduh oleh Google pusat,” keluh salah satu penggiat Android di Komunitas ID-Android Agus Hamonangan kepada okezone, melalui sambungan telepon di Jakarta, Rabu (28/10/2009).

Sebenarnya, menurut Agus, bisa saja operator lokal menggenjot para pengembang untuk menciptakan aplikasi ponsel dengan sistem terbuka itu di Indonesia. Hingga kini pun belum ada satu operator yang terlihat serius untuk menggarapnya. Namun jika aplikasi lokal mulai muncul di tanah air, permasalahan lainnya pun tidak akan berhenti sampai di situ. Yang menjadi keraguan selanjutnya adalah apakah aplikasi lokal itu mampu bersaing dengan aplikasi-aplikasi yang ada di luar negeri.

Agus pun menyayangkan sikap operator dan Google sendiri dalam mendukung aplikasi Android. Di satu sisi operator masih enggan mengembangkan aplikasi lokal namun di sisi lain Google telah terlebih dahulu menutup akses untuk memperkaya ponsel android dengan aplikasi yang dimiliki. Agus malah berpikiran bahwa kemunculan android tidak dilanjutkan dengan langkah serius oleh Google.

“Tujuan kita ingin mengunduh aplikasi tersebut langsung di toko online karena kemampuan (kecanggihan) aplikasinya. Saya jadi bingung sebenarnya Google itu mau uang gak sih?” tuturnya.

Sementara itu, Google akhirnya membocorkan informasi mengenai fitur-fitur dalam Android bersi terbaru yang akan disematkan dalam ponsel-ponsel pilihan.

Pemaparan software development kit (SDK) Android 2.0 ini dibeberkan Google kepada para developer, satu hari sebelum Motorola menelurkan ponsel berbasis open source yang bernama Droid untuk Verizon.

Dilansir melalui Yahoo Tech, beberapa fitur merupakan pengembangan dari aplikasi yang telah dibenamkan oleh manufaktur ponsel sedangkan lainnya merupakan fitur yang bisa dikembangkan lagi seiring dengan teknologi yang berubah.

Inilah beberapa fitur dalam sistem oeprasi tersebut.

1. Sinkronisasi email dan kontak dengan banyak akun, dari berbagai sumber.
2. Mendukung sinkronisasi Microsoft Exchange
3. Kombinasi inbox untuk banyak akun email
4. Koneksi cepat (quick connect) yang memungkinkan pengguna melakukan panggilan, mengirim SMS, email, hanya dengan menyentuh foto kontak yang dituju.
5. Fitur kamera yang mumpuni baik flash, zoom digital, scenes, white balance, efek warna dan mode makro.
6. Keyboard virtual yang lengkap dengan sensitif
7. Mendukung three-point multitouch
8. Browser yang lebih baik berupa visual thumbnail bookmarks, pengoperasian address bar sekali sentuh, zooming tampilan dengan dua kali sentuh, dan HTML5.
9. Teknologi bluetooth 2.1 dengan koneksi peer-to-peer dan akses ke profil di phonebook.
10. Aplikasi yang kompatible jika ditampilkan di layar berukuran besar atau kecil.

Fitur-fitur inilah yang nantinya akan digunakan oleh vendor-vendor ponsel Android seperti HTC dan Motorola. Untuk fitur yang lebih lengkap bisa dilihat di situs resmi Android untuk developer.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: