putuyudistirap

Just another WordPress.com weblog

Pembangunan Jembatan Selat Sunda Butuh Rp 100 Triliun

Posted by rabot416 pada Agustus 16, 2009

Pemerintah Daerah Provinsi Banten dan Lampung menandatangani hasil prastudi kelayakan pembangunan Jembatan Selat Sunda penghubung antara Pulau Jawa dan Sumatra, yang telah selesai dilakukan akhir Juni lalu.

Bila disetujui pemerintah, maka pembangunan jembatan ini akan dimulai 2010 dan bakal menjadi salah satu yang terpanjang di dunia mencapai sekitar 30 km.

“Pembangunan jembatan mulai 2010 dan selesai 2020,” kata Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah, kepada wartawan dalam konfrensi persnya di Hotel Borobudur, Jakarta, Kamis (13/8/2009) malam.

Dijelaskannya, hasil prastudi kelayakan pembangunan Jembatan Selat Sunda ini akan memakan biaya sebesar Rp100 triliun dan akan dibiayai secara konsorsium oleh para investor dengan dibantu pembiayaan pemerintah pusat yang berasal dari APBN.

Adapun yang ditunjuk sebagai pelaksana pra studi kelayakan jembatan tersebut adalah PT Bangungraha Sejahtera Mulia, salah satu anak usaha Artha Graha Network (AGN).

Penyerahan hasil pra studi merupakan bagian dari bagian dari Memorandum of Agreement, yang telah ditandatangani sebelumnya oleh Pemerintah Provinsi Banten, Pemerintah Provinsi Lampung, dan AGN. Keberadaan jembatan ini nantinya diharapkan akan membantu perkembangan perekonomian secara menyeluruh.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: