putuyudistirap

Just another WordPress.com weblog

Harga Minyak di 2010 Bisa Tembus US$90

Posted by rabot416 pada Agustus 14, 2009

Harga minyak mentah di pasar international pada 2010 mendatang diprediksi di kisaran USD70-90 per barel. Lonjakan harga dipicu oleh mulau pulihnya perekonomian dunia. Proyeksi tersebut didasarkan pada asumsi bahwa ekonomi global mencatat rata-rata pertumbuhan riil ekonomi tiga persen dan Jepang 1,5 persen antara tahun 2004 hingga tahun 2030.

“Saya prediksi harga minyak mentah dunia 2010 nanti di kisaran USD70-90 per barel.

Kondisi perekonomian dunia yang mulai pulih, jadi parameternya,” ujar Chief Economist Deutsche Bank Research and CEO Deutsche Bank Research Norbert Walter, dalam paparan perusahaan Perkembangan Tahapan Pemulihan Situasi Keuangan di Beberapa Negara Utama di Dunia dan Indonesia, di Hotel Indonesia Kempinski, Jalan MH Thamrin, Jakarta, Jumat (14/8/2009).

Menurut prediksinya, harga impor minyak akan menjadi USD75 per barel hingga akhir tahun 2030. Tetapi ditambahkannya, terdapat kemungkinan dapat mencapai harga USD100 per barel jika tidak cukup investasi dalam pembangunan minyak. “Karena negara itu memperkirakan akan lebih menggantungkan kepada energi nuklir dan gas alam,” katanya.

Sementara itu, rating di sektor perbankan pun menunjukkan pelemahannya lantaran seluruh dunia menunjukkan pelemahannya. “Ekonomi Indonesia baik walaupun peringkat dunia contohnya Moody’s memberikan rating turun terhadap perbankan,” ungkapnya.

Tinggalkan komentar